Tanaman Langka di Indonesia

Posted by Unknown Sabtu, 09 Agustus 2014 0 komentar
Indonesia adalah negara yang subur gan, Oleh karena itu gan, kita sebagai manusia yang hidup di tanah Indonesia ini patut untuk menjaga kelestarian alamnya, sehingga kita harus menjaga lingkungan kita, terutama bagi tanaman yang telah menjadi langka.

Tanaman-tanaman langka yang ada Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Balam Suntai


Balam Suntai adalah salah satu jenis tanaman asli dari Indonesia, ciri khas tanaman ini adalah memiliki kualitas kayu yang baik (kayak kulitnya). Dan ternyata tanaman ini masuk daftar buronan di Indonesia a.k.a di cari banyak orang

2. Pohon Ulin


Ulin (Kayu Besi) adalah pohon yang tentunya memiliki kayu dan berasal dari Kalimantan. Kayu ulin sangat bermanfaat untuk bahan bangunan, apalagi buat bahan konstruksi. Tanaman ini pada umumnya tumbuh di wilayah sumatera bagian selatan dan Kalimantan. Tanaman ini memiliki batang yang sangat keras jadi disebut kayu besi karena daya tahan dan kuatnya itu.

3. Cendana


Ini bukan tentang keluarga Cendana gan, ini adalah tanaman Cendana. Tanaman ini dikenal dengan aroma nya yang harum. Tanaman ini memiliki banyak manfaat, bisa dijadikan minyak cendana, rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, dan lain-lain. Kayu ini konon bisa menyimpan wangi nya selama berabad-abad, sering pake parfum kali. Konon pada jaman dulu orang menggunakan Cendana sebagai membalsem jenazah.

4. Purwaceng


Purwaceng, penyebutannya ngak boleh melenceng dan bakalan bahaya kalau melenceng. Purwaceng ini terkenal karena bisa meningkatkan stamina bagi yang mengonsumsinya dan pada umumnya dijadikan sebagai bubuk, kopi atau susu purwaceng.

5. Edelweis


Edelweis sangat tidak asing di telinga para pendaki di Indonesia. Edelweis ini disebut sebagai bunga abadi karena memiliki waktu mekar yang sangat lama. Tapi gan, Edelweis ini hanya bisa tumbuh di pegunungan (daerah dataran tinggi) dan apabila di bawa ke daerah yang lain selain pegunungan gitu, tanaman ini bakalan cepat layu. 

Dan, sekian kali ini mengenai tentang tanaman langka di Indonesia, dari hal diatas kita harus melestarikan tanaman di Dunia, terutama di Indonesia, Cintailah Tanaman-Tanaman Indonesia!


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tanaman Langka di Indonesia
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://mikiruniversal.blogspot.com/2014/08/tanaman-langka-di-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright of Basa Basi.